Jumat, 18 Juni 2010

Teknologi Komunikasi dan Perubahan Sosial

Pertemuan ke 12
Eko Harry Susanto,M.Si

Didalam pertemuan kali ini membahas tentang Perubahan sosial merupakan gejala yang wajar di dalam masyarakat, tetapi pemicu terjadinya perubahan perlu ditelaah lebih mendalam dimulai dari sebab terjadinya suatu perubahan sosial sampai dampak yang di sebabkan oleh perubahan itu sendiri. perubahan sosial akan selalu ada selama di dunia masih terjadi kehidupan dan interaksi sosial. Perubahan sosial pasti akan terjadi. Hoogvelt (1976:9) menyatakan " Tidak ada masyarakat yang stagnant, oleh karena setiap masyarakat mengalami yang terjadi perubahan secara cepat dan lambat"

Perubahan sosial dibagi menjadi 2 yaitu linier yang artinya terjadi secara kedepan saja tidak akan berputar, sedangkan yang satu lagi adalah cyclus yang artinya adalah akan berputar pada satu poros yang sama dan berulang-ulang. Negara Indonesia termasuk yang mengalami perubahan secara cyclus. Hakekatnya perubahan sosial menurut Rogers dan Svenning (1969:8) adalah " Proses dimana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial" dan tokoh Daniel Lerner (1983:29-31) yang intinya menyebutkan," Perubahan sosial adalah mengubah cara-cara di dalam"

Perubahan sosial bisa juga disebabkan oleh teknologi komunikasi yang sekarang ini berkembang sangat pesat. Teknologi komunikasi lebih banyak berpengaruh terhadap anak-anak muda dibandingkan dengan kepada anak-anak kecil dan orang tua. mungkin karena faktor anak muda suka melakukan hal-hal yang baru dan menyukai tantangan untuk berubah. misalnya efek dari televisi dan komputer yang banyak beredar di masyarakat sekarang. Rogers (1986: 110) mengatakan bahwa " Sebab dan akibat dari perubahan sosial di masyarakat adalah teknologi komunikasi". Perkembangan sistem informasi yang berukuran raksasa dan bank data, menyebabkan menumpuknya informasi yang sangat berguna bagi lingkungan politik, ekonomi dan pengetahuan. teknologi komunikasi berperan utama dalam menerapkan kebijakan kebudayaan dan membantu mendemokrasikan kebudayaan melalui pola penyebaran informasi yang lebih cepat diterima oleh khalayak.

Setiap perubahan sosial memiliki dampak dan teknologi memiliki peranan yang penting. lalu bagaimanakah dampak teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi dalam perusahaan multi nasional juga mampu mengubah kondisi sosial masyarakat setempat, Perusahaan besar tidak hanya memupuk modal dan memanfaatkan teknologi serta menjualnya kepasar komunikasi, mereka juga menjual sejumlah kebutuhan sosial kultural yang merupakan sarana tempat mempersatukan ras. perusahaan transnasional berpengaruh langsung atas alat-alat produksi negara dan berperan memperdagangkan kebudayaan mereka sehingga dapat mengubah fokus sosial kultural.

Menurut saya perubahan sosial boleh saja terjadi asalkan perubahan itu tetap berdasarkan hukum, nilai moral dan tidak berlawanan dengan kebudayaan di Indonesia. Perubahan sosial terjadi karena adanya suatu interaksi sosial di dalam kehidupan masyarakat. salah satu bisa kita tahu, sekarang ini teknologi komunikasi berkembang cukup pesat dan mempengaruhi sikap kita terhadap kehidupan sosial. seperti contoh internet merupakan teknologi yang tidak dapat dipisahkan bagi masyarakat perkotaan dan anak-anak muda.

0 komentar: