Pertemuan ke 14
Oleh Ibu Suryopratomo
Pertemuan kapita selekta pada minggu ini kita mendiskusikan tentang media dan public relation.
seperti yang kita ketahui sekarang ini media memiliki andil yang sangat penting di dalam menyebarluaskan informasi dan berita kepada khalayak luas. di dalam mencari berita media memerlukan jurnalistik atau wartawan dalam mencari berita.
Wartawan bertugas untuk mencari sebuah berita yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Wartawan bertugas untuk menyiarkan berita yang dibutuhkan masyarakat. berita yang dibuat oleh seorang wartawan harus menjelaskan duduk perkara sebuah persoalan dari kasus yang ada. Berita harus bisa memberikan pemahaman yang jelas dan tidak bertele-tele sehinggan dari informasi yang didapatkan pembaca bisa mengambil manfaat bagi dirinya. wartawan dalam mencari berita dan ketika berada di dalam mencari berita di lapangan wartawan harus independen dan nonpartisan. maksudnya wartawan harus seimbang jangan berpihak kepada satu sisi saja, sehingga di dalam membuat berita tidak memojokan satu sisi saja. Wartawan harus memiliki pengetahuan mendasar mengenai masalah yang harus digeluti. Maksudnya adalah sebelum pergi ke lapangan untuk mencari perkerjaan wartawan harus mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya, sehingga pada waktu di lapangan bisa melakukan tugasnya dengan baik. Wartawan harus berkerja atas dasar kaidah jurnalistik dan dibatasi oleh kode etik profesi. meski wartawan berkerja secara individual namun ia berkerja dalam sebuah organisasi yang disebut sebagai media. Baik media elektronik maupun media cetak. sebagai sebuah orhanisasi maka dikenal adanya editorial policy.
Public Relations adalah seorang yang menjadi juru bicara dalam sebuah organisasi. tugas dari seorang Public Relations adalah memperkenalkan keberadaan perusahaan kepada khalayak luas, mengomunikasikan kemajuan yang diraihkan perusahaan, menginformasikan mengenao berbagai hal yang dilakukan perusahaan dan menjelaskan duduk perkara dari persoalaan yang muncul dari kepentingan perusahaan.
Public Relation di dalam menjalankan tugasnya mengomunikasikan dengan cara mengirimkan pres rilis kepada media, menyiapkan materi iklan yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan, membuat leaflet yang dibagikan langsung kepada masyarakat, menyelenggarakan gathering untuk mempertemukan perusahaan dan masyarakat. Public Relation merancang kunjungan-kunjungan ke orang-orang yang berkepentingan dengan pencitraan organisasinya.
Media dan Public Relations sangat memiliki hubungan yang saling menguntungkan. apabila dilihat dari pihak media yang menguntungkan untuk mencari informasi yang terbaru dari seorang Public Relations. apabila dilihat dari Public Relations yang menguntungkan untuk pencitraan dari organisasi yang sedang digelutinya. Media dan Public Relation berangkat dari kepentingan yang berbeda. kepentingan bisa dipertemukan kalau melalui proses bertemu dan dialog baik secara langsung maupun tidak langsung. Public Relations bukan hanya menyediakan kepentingan perusahaan, tetapi memenuhi hal-hal yang dibutuhkan oleh wartawan, berita bukan persoalan baik atau buruk tetapi persoalan benar atau tidak benar.
Tantangan baru wartawan sekarang ini dalam masa modern atau persoalan lain yang dihadapi pers adalah lingkungan dunia besar yang berubah. dimana sekarang ini kondisi besar dunia cenderung berubah menjadi era digital dimana waktu baca yang dimiliki masyarakat umumnua sangat pendek dan wartawan tidak cukup lagi membuat reportase, tetapi harus mampu melakukan apa yang dinamakan interpretative reporting. Tuntutan kerja seperti iti bukan hanya menuntut wartawan yang memang memahami persoalan, tetapi cerdas untuk merumuskan permasalahan yang sedang terjadi saat ini.
Rabu, 23 Juni 2010
Media dan Public Relations
Diposting oleh kapsel di 02.10
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar