Rabu, 12 Mei 2010

New Media & Social Media

.NEW MEDIA & SOCIAL MEDIA.
Oleh : Bpk. Suharjono (Managing Director Vivanews.Com)

***
"Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas dan media sosial adalah istilah yang mengacu pada penjelasan mengenai tipe media yang melingkupi dasar percakapan dan interaksi antar orang yang sedang online. Media disini dimaksudkan sebagai pengertian kata-kata digital, suara, gambara yang disampaikan lewat internet yang nilainya bisa secara budaya, sosial ataupun keuangan."


Berbicara tentang media selalu berbicara tentang informasi yang disajikannya, dan berbicara tentang informasi akan mengarah kepada para pengumpul informasi tersebut, yaitu "jurnalis" atau "wartawan". Sebelum tahun 1998, kebebasan pers cukup mengalami banyak hambatan di sana-sini. Informasi mengenai bidang politik khususnya, sangat jarang (bahkan tidak pernah) bisa ditayangkan. Seiring dengan reformasi dan masuknya sistem pemerintahan demokrasi yang berasaskan kebebasan berpendapat, seiring dengan itu pula media bangkit dan berkembang pesat karena arus informasi yang berkembang bebas. Demikian adalah alasan berkembangnya internet secara pesat dan diakui sebagai media baru yang akan menguasai pangsa media ke depannya :
1. Pengguna internet semakin banyak, bahkan pertumbuhannya mencapai 50 juta di tahun 2010, atau sebanyak 1/4 dari total jumlah penduduk Indonesia.
2. Tarif semakin murah, jaringan yang semakin luas, kekuatan infrastruktur yang berkembang, serta teknologi gadget terbaru membuat internet dapat diakses oleh hampir semua kalangan, internet bukan lagi "barang mahal" seperti saat awal kemunculannya. Bahkan, dikabarkan pada pertengahan tahun 2010 akan ada pembangunan infrastruktur penunjang internet yang akan semakin mempermudah dan mempermurah akses internet karena pemilik provider internet bekerjasama dengan bidang pendidikan.
3. Jaringan global, internet menembus ruang dan waktu. Bisa diaktifkan selama 24 jam, jarak yang jauh bahkan tidak terasa, ditambah lagi kekuatannya untuk mengirimkan berbagai data secara cepat, membuatnya menjadi media andalan di masa kini.
4. Teknologi mampu menampilkan semua jenis berita, gambar (flickr), musik (Imeem), video (youtube), semuanya ada dan mudah dicari di internet.
5. Iklan media online tumbuh pesat, biro iklan sekarang bahkan sudah membuat divisi tersendiri untuk bagian online, misalnya Admac dan Intersection. Dalam suatu pertemuan di Bali, ada satu kesimpulan tentang kekuatan media baru, yaitu, "kalau ingin mengenalkan 'Brand', Televisi adalah jawabannya... tapi ketika ingin melakukan pembelian, Internet lebih dipercaya." Namun demikian hal ini tidak selalu terjadi, tergantung dari tingkat prioritas masyarakat (Misalnya : mungkin saja masyarakat akan membeli kacang Garuda tanpa mencarinya di internet terlebih dahulu).

Berkaitan dengan penggunaan internet, adalah tentang trend akses mobile yang berkembang pesat, faktanya saat ini pengguna handphone (mobile) sudah mencapai 115 juta orang, melompat cepat dari 80 juta pada tahun 2008. Dengan demikian, akses internet semakin mudah dilakukan, terlebih lagi dengan penawaran dari provider handphone yang makin kompetitif, membuat internet sebagai kebutuhan penting di masa kini. Dalam internet terdapat banyak jenis aktivitas yang bisa dilakukan, namun saat ini, kekuatan internet sedang ditopang oleh situs-situs sosial, hal ini juga yang menjadikan new media sekaligus sebagai social media. Di Indonesia sendiri, top ten situs yang dikunjungi oleh masyarakat adalah situs dengan kekuatan sosial, bukan berita.(www.alexa.com/topsites/countries/ID)



New media juga menyangkut kepada hal-hal berikut ini :
1. Era baru jurnalisme, dengan internet, muncul citizen journalism (www.en.wikipedia.org/wiki/citizen_journalism), blogger, yang bebas berkreasi mengumpulkan informasi dan menyebarkannya.
2. Menyajikan semua jenis informasi, lewat internet, masyarakat bisa mengakses informasi apa pun yang diinginkannya, di mana pun, kapan pun, dalam bentuk apa pun.
3. Convergent journalism menjadi tren, kembali lagi, masyarakat banyak yang berperan sebagai "wartawan" dalam internet, mereka menyebarkan informasi (yang sayangnya belum tentu selalu benar) ke kalangan luas dengan begitu mudahnya.
4. Proses produksi cross media, bahkan sekarang setiap media cetak sudah memiliki situs mereka sendiri, media yang satu menopang media yang lain, ataukah memang sudah ada ketergantungan terhadap new media (internet)?



Dalam new media, daya tariknya yang paling kuat adalah arah komunikasinya, pengguna lah yang memegang kendali, mereka mencari sendiri informasi mereka (dengan mudah) dan dalam berkomunikasi lewat internet, bukan hanya 2 arah, tapi bisa semua arah, bisa propaganda, bisa feedback, semua tergantung pengguna. Everyone wants to take control. Itu lah mengapa internet menjadi kegemaran. Dalam internet, informasi yang ada bisa berupa komentar, blog, forum, citizen journalism, dan jejaring sosial (Facebook, Friendster, dll), informasi bisa datang dari siapa saja, aplikasi yang ringan membuat internet ramah pengguna.
"Siapa juga yang tidak tertarik apabila ada kesempatan untuk menjelajahi dunia, bertemu orang baru, mengetahui hal-hal unik, hanya dengan duduk, atau bahkan tiduran... dan membuka internet???"

0 komentar: